Minggu, 12 April 2015

EKOSISTEM

TUGAS INDIVIDU
PRAKTIKUM IPA DI SD (PDGK 4107)

EKOSISTEM







DI SUSUN  OLEH :
NAMA      : DIMAS ANGGIH P
NIM           : 825133079
POKJAR   : PURWOKERTO  BARAT




PROGRAM STUDI S1-PGSD
FAKULTAS KEGURUAN & ILMU PENDIDIKAN
UIVERSITAS TERBUKA
UPBJ PURWOKERTO
2015-1


PENDAHULUAN

Ekosistem adalah suatu system di alam di mana di dalamnya terjadi hubungan timbal balik antara organisme dengan organisme yang lainnya, serta kondisi lingkungannya. Ekosistem sifatnya tidak tergantung kepada ukuran , tetapi lebih ditekankan kepada kelengkapan komponennya. Ekosistem lengkap terdiri atas komponen abiotik dan komponen biotik
Ekosistem tersusun atas dua komponen penting, yaitu komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik seperti tanaman, hewan, manusia dan lain lain. Sedangkan komponen abiotik sendiri meliputi sinar matahari, suhu, cahaya, tanah, batu, air, angin, kelembaban, pH tanah, dan lain lain. Selalu terjadi keterkaitan antar dua komponen ini sehingga menyebabkan terjadinya ekosistem.





TUJUAN
1.      Dapat mengetahui  yang dimaksud Ekosistem
2.       Dapat mengetahui satuan dari Ekosistem
3.      Alasan pengambilan tempat praktikum
4.      Menjelaskan masing-masing keadaan ekosistem lapangan,sawah,sungai
5.      Mengetahui masing-masing komponen ekosistem lapangan,sawah,sungai
6.      Menjelaskan factor yang mendukung adanya komponen padas masing-masing ekosistem
7.      Membuat masing-masing tabel (1,2,3) menjadi rantai makaanan,jarring-jaring makanan,aliran energy, piramida makanan.





ALAT DAN BAHAN

·        Alat tulis
·        Kamera
·        Ekosistem lapangan
·        Ekosistrem sawah
·         Ekosistem sungai






.






PEMBAHASAN
Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya dan antara komponen komponen tersebut terjadi pengambilan dan perpindahan energi, daur materi, dan produktivitas.
            Satuan makhluk hidup dalam ekosistem dapat berupa individu, populasi, atau komunitas. Individu adalah makhluk tunggal. Contohnya: seekor kelinci,seekor serigala, atau individu yang lainnya. Sejumlah individu sejenis (satu species) pada tempat tertentu akan membentuk Populasi. Contoh : di padang rumput hidup sekelompok kelinci dan sekelompok srigala. Jumlah anggota populasi dapat mengalami perubahan karena kelahiran, kematian, dan migrasi ( emigrasi dan imigrasi).  Sedangkan komunitas yaitu seluruh populasi makhluk hidup yang hidup di suatu daerah tertentu dan diantara satu sama lain saling berinteraksi. Contoh: di suatu padang rumput terjadi saling interaksi antar populasi rumput, populasi kelinci dan populasi serigala. Setiap individu, populasi dan komunitas menempati tempat hidup tertentu yang disebut habitat.            Ekosistem tidak akan tetap selamanya, tetapi selalu mengalami perubahan. Antara faktor biotik dan abiotik selalu mengadakan interaksi, hal inilah yang merupakan salah satu penyebab perubahan. Perubahan suatu ekosistem dapat disebabkan oleh proses alamiah atau karena campur tangan manusia .
            Dalam praktikum minggu lalu, telah diadakan pengamatan terhadap ekosistem.
Ekosstem yang diamati ialah ekosistem Lapangan, Ekosistem sawah, dan ekosistem sungai, praktikum ini dilaksanakan di desa kedung banteng, alasan pemilihan tempat ialah karna jarak antara sungai sawah dan lapangan nya dekat serta desa kedung banteng ini cocok untuk praktikum Ekosistem.
            Dalam pengamatan kami mengamati berbagai jenis makhluk hidup yang ada di tempat tersebut, Dalam kegiatan pengamatan yang kami lakukan , komponen biotik seperti rumput serta lumut dapat diamati sebagai tumbuhan secara kasat mata. Begitu juga hewan yang ada seperti semut, hewan merutu. Komponen abiotik pun apat diamati seperti tanah, air, daun kering, ranting kecil, ranting besar, pelepah kulit pohon. Beberapa komponen abiotik dapat dirasakan seperta suhu udara, kelembaban dan intensitas cahaya. Dari pengamatan tersebut, kami lakukan pendokumentasian berupa foto. Untuk beberapa komponen biotik dan abiotik dapat terlihat di hasil pemotretan. Akan tetapi untuk hewan yang kecil kecil tidak dapat terlihat gambarnya.


                                          
KESIMPULAN
Ekosistem merupakan luasan daerah yang didalamnya terdapat komponen biotik dan abiotik dimana antara kedua komponen tersebut saling terjadi keterkaitan. Komponen biotik adalah makhluk hidup yang ada di dalam sebuah ekosistem yang meliputi tumbuhan, hewan bahkan manusia . Sedangkan komponen abiotik adalah benda mati yang menunjang keberadaan ekosistem. Komponen biotik meliputi tumbuhan dan hewan. Di dalam ekosistem, tumbuhan berperan sebagai produsen ( trofik I ) dan hewan sebagai konsumen ( trofik II,III,IV dan seterusnya ). Komponen abiotik meliputi tanah, udara, suhu, kecepatan angin, air, kelembaban, dan intensitas cahaya.





·         DAFTAR PUSTAKA

www.wikipedia.com


·         LAMPIRAN-LAMPIRAN




Tidak ada komentar:

Posting Komentar